GADJAH MADA – EARLY WARNING SYSTEM (GAMA-EWS)

A. Simple wireless – manual slope monitoring & warning system
Sistem monitoring gerakan tanah dengan menggunakan crackmeter manual. Gerakan tanah dipantau dengan membaca perubahan skala yang terdapat pada crackmeter. Jika terjadi perubahan gerakan tanah yang melebihi set poin yang telah ditentukan sebelumnya, maka crackmeter akan mengirimkan sinyal peringatan secara nirkabel ke sebuah penerima (receiver) yang ditempatkan di daerah yang membutuhkan peringatan dini. Jarak antara crackmeter dan penerima bisa lebih dari 2 Km (LOS). Sebuah penerima dapat melayani 4 buah crackmeter yang ditempatkan pada titik-titik rawan gerakan tanah yang tersebar di suatu wilayah tertentu dengan radius > 2km (LOS).

B. Low cost – online slope monitoring system
Piranti monitoring gerakan tanah yang mampu dipantau dari website dengan biaya rendah. Piranti pemantauan terdiri dari 2 tipe yang berdiri sendiri atau gabungan dari keduanya yaitu extensometer dan rain gauge. Pergerakan tanah dan atau curah hujan dapat dipantau secara online jika terhubung dengan internet. Sistem transmisi data menggunakan jaringan GSM maupun CDMA tergantung jangkauan operator seluler dengan jaringan paling baik. sistem ini mempunyai kelemahan yaitu ketergantungan terhadap operator jaringan seluler, sehingga pada saat-saat tertentu transmisi data dapat terganggu yang menyebabkan pengiriman data ke server mengalami keterlambatan. Namun demikian, sistem ini sudah dilengkapi backup data offline yang disimpan di dalam sebuah memory (microSD). Sistem ini juga dimungkinkan untuk membentuk sebuah jaringan sensor dengan cakupan kecil. Sistem ini cocok untuk pemantauan gerakan tanah dengan tingkat gerakan tanah yang lambat (slow-movement type landslide / crack)

C. Network – online monitoring and warning system
Satu sistem pemantauan gerakan tanah yang memungkinkan untuk menggabungkan berbagai macam sensor (extensometer, rain gauge, tiltmeter, water level meter dll) di dalam satu wilayah dengan cakupan yang luas. Menggunakan media transmisi data tanpa kabel (wireless) dengan tingkat penetrasi gangguan yang tinggi. Sistem ini menggunakan komponen-komponen berkualitas. Menggunakan sistem jaringan sendiri yang bisa langsung dipantau dari central operating room sehingga perubahan kondisi lingkungan pemantauan dapat segera terdeteksi. Sistem ini cocok untuk pemantauan dengan perubahan kondisi lingkungan yang cepat. Sistem dapat dihubungkan dengan jaringan internet yang memungkinkan pemantauan secara online.

D. Ekstensometer wi-fi